Widget HTML #1

Manfaat Organisasi Mahasiswa Terhadap Karir dan Dunia Kerja

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay

Manfaat organisasi mahasiswa merupakan salah satu bagian terbesar yang bisa didapat dari kehidupan kampus. Percayalah, ketika teman-teman sudah bekerja pengalaman mengenai kehidupan kampus akan menjadi kenangan yang menyenangkan. Organisasi mahasiswa sangat bermanfaat terhadap karir dan dunia kerja Anda.

Manfaat Organisasi Mahasiswa

Apa itu organisasi mahasiswa?

Organisasi mahasiswa atau organisasi mahasiswa merupakan sebuah grup yang dikelola oleh mahasiswa. Biasanya organisasi mahasiswa ini memiliki ketertarikan yang sama dalam hal sosial, politik, agama dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis dari organisasi mahasiswa ini nantinya akan kami bahas lebih mendalam dalam sub bisa teman-teman beli dengan harga selanjutnya.

Biasanya mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung pada lebih dari satu organisasi mahasiswa yang diinginkannya.

Ada banyak mahasiswa yang menyukai kegiatan organisasi mahasiswa akan tetapi tidak sedikit juga yang merasa mengikuti organisasi mahasiswa kurang penting.

Padahal ada banyak sekali keuntungan yang akan teman-teman dapatkan jika bergabung dengan organisasi mahasiswa.

Untuk teman-teman yang ingin tahu apa saja manfaat dari mengikuti organisasi mahasiswa ini, maka berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan teman-teman dapatkan.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Peluang membangun jaringan

Jaringan sangat penting untuk mahasiswa. Membangun jaringan akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan peluang yang lebih besar terkait dengan karir dan kehidupannya.

Dalam organisasi mahasiswa, mahasiswa bisa bertemu dengan banyak siswa lain dan bahkan orang-orang yang lebih profesional dengan tujuan dan juga ketertarikan yang sama.

Sebagai tambahan, mahasiswa juga akan menerima informasi dan sumber daya yang akan mendukung ketertarikan dan juga tujuan di masa depan.

Contohnya seorang mahasiswa yang belajar dan ingin berkarir di dunia politik bisa yang bergabung dengan Badan Eksekutif Mahasiswa akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk mendapatkan informasi dan belajar lebih dalam dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masalah politik internal di kampus.

Peluang sosial

Banyak organisasi mahasiswa di perkuliahan yang dibangun untuk tujuan bersenang-senang sesuai dengan ketertarikannya. Contohnya organisasi mahasiswa yang berhubungan dengan gaming seperti club E-Sport yang belakangan ini sangat populer.

Ketika bergabung dengan club E-Sport banyak mahasiswa bergabung karena ingin mendapatkan manfaat bisa bermain dengan orang-orang yang lebih profesional.

Selain itu, mereka juga bisa mengikuti turnamen yang berhubungan dengan game online dan aktivitas lainnya.

Dalam melaksanakan aktivitas ini, anggota club tidak hanya akan mendapatkan informasi, bertemu dengan orang profesional, menikmati aktivitas tapi juga akan belajar untuk mengenai cara berkomunikasi dengan orang lain.

Bagi teman-teman yang ingin lebih terbuka dengan keadaan, ingin belajar berkomunikasi baik dengan orang yang dekat maupun orang baru, maka mengikuti organisasi saat kuliah akan sangat membantu.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Pengalaman profesional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kegiatan organisasi mahasiswa kampus ada sangat banyak jumlahnya.

Biasanya organisasi mahasiswa tidak hanya akan menyelenggarakan kegiatan yang dilakukan berdasarkan daya tarik saya. Biasanya organisasi mahasiswa ini juga akan menyelenggarakan kegiatan yang memiliki skala yang lebih besar.

Contohnya ketika teman-teman bergabung dengan klub olahraga, club teman-teman bisa membangun sebuah turnamen dengan skala regional atau internasional.

Bergabungnya klub E-Sport dengan turnamen atau bahkan mengikuti perlombaan untuk membangun aplikasi. Hal ini merupakan salah satu hal yang akan memberikan pandangan dari sisi profesional untuk teman-teman.

Pembangunan diri

Manfaat lain yang membuat organisasi mahasiswa di kampus sangat penting bagi mahasiswa adalah mengenai pembangunan diri.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk teman-teman yang memiliki sifat yang tertutup dan ingin belajar menjadi orang yang lebih terbuka, maka teman-teman bisa membangun diri dengan kegiatan-kegiatan organisasi mahasiswa dari kampus teman-teman.

Dengan mengikuti organisasi mahasiswa ini teman-teman akan dipaksa untuk ikut dalam setiap pengambilan suara dan juga selalu ikut dalam hal komunikasi yang dilakukan dalam klub tersebut. Selain itu, dalam organisasi mahasiswa teman-teman juga akan bertemu dengan lebih banyak orang yang sudah pasti memiliki karakter yang berbeda dengan teman-teman.Di sini teman-teman akan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Hal lain yang membuat join di klub akan membangun diri adalah teman-teman akan dihadapkan dengan banyak masalah. Baik itu masalah yang berhubungan dengan kehidupan sosial atau kehidupan profesional.

Di sini, mau tidak mau teman-teman akan dipaksa untuk memutar otak guna berkomunikasi dan melakukan eksplorasi untuk mencari solusi. Di sini teman-teman bisa mengembangkan diri secara sosial maupun secara profesional.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Kemampuan kepemimpinan

Hal lain yang tidak kalah penting sebagai manfaat dari mengikuti klub adalah mengenai kemampuan kepemimpinan yang bisa teman-teman bangun.

Bergabung di organisasi mahasiswa kampus akan memberikan pengalaman untuk skill kepemimpinan berdasarkan lingkungan tempat teman-teman mengikuti berbagai kegiatan.

Jika anak memang memiliki keinginan untuk belajar mengenai kepemimpinan, teman-teman bisa melihat bagaimana rekan teman-teman yang dipercaya sebagai pemimpin mengambil sikap mereka. Ada yang buruk dan ada juga yang baik. Di sini teman-teman bisa belajar dari rekan tersebut sebagai masukan.

Teman-teman juga bisa belajar mengenai banyak hal mulai dari mengenai kemampuan perencanaan, kemampuan dalam hal mengimplementasi dan juga bagaimana mereka mengambil keputusan dalam beberapa masalah dalam aktivitas dan juga event yang akan diselenggarakan dalam sebuah kelompok.

Skill organisasi dan juga skill management

Hal lain yang tidak kalah penting dan berharga saat teman-teman mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa adalah mengenai pengalaman yang akan teman-teman gunakan dalam hal meningkatkan pengalaman dalam mengeksekusi sebuah prosedur dalam kegiatan organisasi mahasiswa teman-teman.

Bukan hanya itu teman-teman juga akan belajar untuk mengetahui bagaimana cara penyelenggaraan kegiatan yang dibatasi dengan aturan-aturan yang dimiliki oleh kampus.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Mengurangi stres

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kegiatan organisasi mahasiswa adalah sebuah kegiatan yang dilakukan berdasarkan dengan ketertarikan pada sebuah bidang.

Melakukan sesuatu yang teman-teman sukai akan membuat teman-teman merasa bebas stres. Hal ini akan sangat membantu teman-teman yang mengalami tekanan saat belajar di kampus.

Ya belajar di kampus memang merupakan kewajiban utama teman-teman, akan tetapi hal ini bisa membuat teman-teman stres dengan ragam tugas dan mungkin konflik dalam kampus.

Dengan mengikuti organisasi mahasiswa, maka akan lebih mudah bagi teman-teman untuk rehat sejenak dari kehidupan kampus yang cukup stressful.

Memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat

Kegiatan kampus memang cukup melelahkan di beberapa semester pertama. Banyaknya kuliah, tugas dan juga mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan seperti praktikum mungkin kan membuat waktu teman-teman terasa kurang.

Tapi jika teman-teman memiliki banyak waktu, mengikuti organisasi mahasiswa bisa membentuk teman-teman untuk menghabiskan waktu dengan lebih berguna.

Banyaknya kegiatan yang menarik dan manfaat dari kegiatan-kegiatan ini akan membantu teman-teman untuk membangun diri menjadi orang yang lebih siap menghadapi persaingan di luar kampus nantinya.

Ya, kampus adalah tempat belajar. Tapi jangan hanya belajar mengenai akademis tapi usahakan juga untuk belajar mengenai bagaimana caranya menaklukkan kehidupan dan juga belajar mengenai manusia lain.

Hal ini sangat penting sebagai bekal teman-teman untuk beradaptasi lebih mudah di lingkungan kerja setelah teman-teman selesai belajar di kampus nantinya.

Membantu lebih fokus

Hal lain yang membuat organisasi mahasiswa menjadi salah saat hal yang tidak kalah penting dan menarik adalah mengenai fokus.

Jika teman-teman memiliki banyak waktu luang, maka besar kemungkinan teman-teman akan memiliki lebih banyak waktu untuk bengong dan tidak fokus dengan apa yang teman-teman kerjakan.

Beda cerita jika teman-teman mengisi waktu teman-teman untuk ikut organisasi.

Jika teman-teman sibuk dengan organisasi mahasiswa ini, maka teman-teman bisa lebih fokus dengan jadwal teman-teman sehingga hidup kampus teman-teman menjadi lebih bermanfaat.

Menambah banyak teman baru

Selain membangun jaringan, jangan lupa kalau mengikuti organisasi mahasiswa akan membantu teman-teman untuk menemukan banyak teman baru.

Memiliki banyak teman merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya teman-teman bisa mendapatkan pandangan baru dari orang baru yang teman-teman temui. Pandangan baru, ilmu baru dan mungkin contoh baik yang baru.

Hal inilah yang membuat kegiatan organisasi mahasiswa merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk teman-teman.

Oh ya, ingat, teman juga merupakan salah satu bentuk rezeki. Jadi punya banyak teman yang baik artinya teman-teman juga merupakan orang yang diberkahi.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Membangun resume (portofolio)

Hal lain yang membuat organisasi mahasiswa menjadi salah satu kegiatan dan hal yang sangat penting adalah mengenai keuntungan dari segi resume.

Ketika teman-teman melamar pekerjaan, teman-teman akan diminta untuk membagikan resume atau CV. CV yang baik adalah CV yang penuh. Makin penuh CV yang teman-teman miliki, maka CV teman-teman akan menjadi lebih menarik.

CV yang penuh membuktikan bahwa teman-teman adalah orang yang aktif dalam segi pikiran dan fisik.

Orang-orang seperti ini lebih banyak mendapatkan perhatian karena memiliki arti bahwa teman-teman adalah orang yang bekerja dengan keras dan memiliki pandangan yang besar.

Mengikuti banyak organisasi mahasiswa juga membuat pihak perusahaan tahu bidang apa yang menarik untuk teman-teman.

Hal ini tentu akan masuk penilaian khusus untuk teman-teman yang nantinya akan melamar pekerjaan.

Belajar bekerja bersama tim

Hal yang tidak kalah penting ketika teman-teman mengikuti organisasi mahasiswa adalah saat teman-teman belajar bekerja bersama tim.

Ketika mengikuti organisasi, teman-teman akan menghandle banyak kegiatan dan event. Kegiatan dan event ini nantinya akan dikelola bersama sehingga teman-teman mungkin akan terlibat pekerjaan dengan banyak orang.

Bekerja dengan tim atau orang lain memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena setiap orang pasti memiliki perbedaan pendapat.

Hal ini bisa memicu emosi dan juga memicu rasa sakit hati. Akan tetapi teman-teman akan dipaksa untuk menyelesaikan masalah ini bersama. Bukan hanya itu, akan banyak juga tantangan yang datang dari luar yang juga harus teman-teman dan tim hadapi.

Hal inilah yang akan teman-teman pelajari. Bekerja dengan tim untuk menghadapi segala rintangan. Baik itu rintangan dari dalam tim dan juga rintangan dari luar.

Inilah yang akan membantu teman-teman untuk tahu suka duka bekerja dalam tim, beradaptasi dan tentunya membuat teman-teman lebih siap di masa depan.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Bisa mempraktikkan skill yang teman-teman pelajari di kelas

Untuk teman-teman yang mengikuti organisasi mahasiswa di bidang yang sama dengan apa yang teman-teman pelajari di kelas, maka keuntungan lain yang akan teman-teman dapatkan adalah bisa mempraktikkan ilmu dan skill yang teman-teman pelajari di kelas teman-teman.

Contohnya ketika teman-teman belajar mengenai informatika dan teman-teman mengikuti klub programming game, maka teman-teman akan mendapatkan banyak keuntungan di sini.

Pertama teman-teman akan mempraktekkan kemampuan programming teman-teman dalam membangun game.

Kedua teman-teman akan belajar dalam tim, ketiga teman-teman akan belajar untuk membangun proyek sebagai profesional, keempat teman-teman akan lebih fokus, kelima teman-teman akan belajar mengenai deadline dan masih banyak lagi yang lainnya.

Intinya, ketika teman-teman mengikuti organisasi mahasiswa teman-teman bisa mendapatkan banyak skill baru yang akan membantu teman-teman untuk menjadi individu yang lebih baik secara profesional dan juga secara mental.

Jenis organisasi mahasiswa yang bisa teman-teman ikuti di kampus

Setelah tahu banyaknya keuntungan yang akan teman-teman dapatkan jika mengikuti organisasi mahasiswa, kini kami akan membahas mengenai beberapa jenis organisasi yang bisa teman-teman temukan di kampus.

  • Organisasi mahasiswa akademik

Salah satu jenis organisasi mahasiswa yang bisa teman-teman ikuti di kampus adalah organisasi mahasiswa akademis.

Organisasi mahasiswa dalam bentuk akademik bisa direpresentasikan dengan banyak cara. Ada beberapa jenis organisasi mahasiswa yang memiliki fungsi khusus dalam bidang akademik. Seperti klub debat bahasa Inggris dan jenis klub lainnya.

Akan tetapi ada juga organisasi mahasiswa akademik yang lebih mengarah pada bidang pekerjaan seperti organisasi mahasiswa yang berhubungan dengan pembuatan gaming.

  • Organisasi mahasiswa budaya

Jenis organisasi mahasiswa ini merupakan salah satu jenis organisasi mahasiswa yang sangat populer dan hampir ada di seluruh universitas.

Organisasi mahasiswa ini akan lebih banyak dan bervariasi jika sebuah kampus memiliki diversitas budaya yang tinggi.

Salah satu contohnya adalah Universitas Telkom. Universitas Telkom merupakan satu universitas yang siswanya berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Hal ini membuat universitas ini kaya akan budaya dan toleransi.

Dengan banyaknya budaya yang bisa ditemukan di universitas telkom ini, maka teman-teman juga bisa melihat ragam organisasi mahasiswa yang bergerak dibidang budaya.

Banyak organisasi mahasiswa budaya yang digunakan untuk menghimpun siswa dari daerah masing-masing agar kekerabatan lebih kental.

Akan tetapi ada juga organisasi mahasiswa budaya yang menerima siswa dari daerah lain untuk ikut bergabung sekedar untuk belajar mengenai budaya daerah tersebut.

  • Organisasi mahasiswa keagamaan

Selanjutnya, di kampus teman-teman juga bisa menemukan cukup banyak organisasi mahasiswa yang digunakan untuk menghimpun orang-orang yang memiliki agama yang sama. Tujuan dari organisasi mahasiswa ini adalah untuk membangun kekuatan iman dari anggotanya dan juga untuk meningkatkan persaudaraan dan persatuan antar pemeluk agama. Biasanya organisasi mahasiswa ini juga digunakan untuk melakukan kegiatan yang sifatnya sosial dengan perayaan-perayaan kegiatan keagamaan.

  • Organisasi mahasiswa olahraga

Organisasi mahasiswa lain yang bisa teman-teman temukan adalah organisasi mahasiswa yang berhubungan dengan olahraga. Organisasi mahasiswa merupakan organisasi yang menghimpun orang-orang yang tertarik dengan jenis olahraga tertentu. Misalnya olahraga baseball. Olahraga lari, olahraga futsal dan masih banyak lagi yang lainnya.

Organisasi mahasiswa olahraga ini tidak sekedar digunakan untuk menghimpun orang-orang yang memiliki prestasi tapi juga orang-orang yang memiliki ketertarikan belajar mengenai olahraga tersebut. Selain belajar olahraga, klub ini juga, maka menyelenggarakan atau mengikuti kegiatan kompetisi yang mungkin bisa membuka peluang yang lebih besar untuk teman-teman dari bidang lain selain jurusan yang teman-teman ambil.

  • Organisasi mahasiswa politik

Organisasi mahasiswa lain yang mungkin cocok untuk teman-teman yang ingin terjun dalam dunia politik dan kemasyarakatan adalah organisasi mahasiswa politik.

Organisasi mahasiswa ini merupakan organisasi mahasiswa yang banyak membahas mengenai kondisi politik masa kini.

Salah satu jenis organisasi mahasiswa yang memiliki andil yang besar dalam kegiatan politik ini contohnya adalah BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa.

  • Organisasi pers kampus

Organisasi ini adalah tempat yang membesarkan saya selama menjadi mahasiswa hingga masuk dunia kerja seperti sekarang ini. Di kampus saya UIN Ar-Raniry, pers mahasiswanya bernama Sumberpost. Di sana saya ditempa bagaimana menghasilkan tulisan berupa berita (news), kemudian berlanjut menulis artikel opini di beberapa media dan sekarang menjadi salah seorang redaktur (editor) sebuah media di Kota Banda Aceh.

Bergabung dengan pers mahasiswa mengantarkan saya pada kemudahan dunia karir, jalan-jalan (karena sering dikirim delegasi ke luar kota), bahkan mendapat beberapa job yang boleh dikatakan tak kecil untuk kita yang masih berstatus mahasiswa (bisa nyampe dua digit kadang-kadang, kalau lagi pas cuannya hehe).

Tips Memilih organisasi mahasiswa untuk diikuti

Ada banyak sekali manfaat mengikuti organisasi mahasiswa yang mungkin akan teman-teman dapatkan.

Jenis dari organisasi mahasiswa ini juga sangat banyak sehingga mungkin teman-teman akan merasa bingung memilih organisasi mahasiswa mana yang cocok untuk teman-teman.

Untuk memilih organisasi mahasiswa yang cocok untuk teman-teman ini, maka berikut ini adalah beberapa ulasan yang bisa kami berikan.

  • Lakukan riset

Ketika teman-teman akan mengikuti sebuah organisasi mahasiswa lakukan riset terlebih dahulu. Lihat apa saja organisasi mahasiswa yang ada di kampus teman-teman dan apa saja kegiatan yang dimilikinya.

Jangan lupa untuk melihat bagaimana laju pertumbuhan dan skala kegiatan yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa ini untuk bisa mengetahui manfaat yang akan teman-teman dapatkan dari organisasi mahasiswa tersebut.

  • Buat list goal dan ketertarikan

Hal lain yang penting untuk diperhatikan ketika teman-teman akan mencari organisasi mahasiswa untuk diikuti adalah dengan melihat ketertarikan dan goal teman-teman sendiri.

Sangat penting bagi teman-teman untuk tahu apa saja tujuan teman-teman mengikuti olahraga organisasi mahasiswa ini.

Dengan mengetahui tujuan dan ketertarikan yang teman-teman miliki serta apa yang dilakukan oleh sebuah organisasi mahasiswa ini, maka teman-teman bisa mengetahui organisasi mahasiswa mana yang paling cocok untuk teman-teman untuk mencapai goal yang akan teman-teman dapatkan tersebut.

  • Lihat requirement dari organisasi mahasiswa yang akan teman-teman ikuti

Selanjutnya ketika teman-teman akan mengikuti organisasi mahasiswa perhatikan mengenai jenis organisasi mahasiswa yang akan teman-teman ikuti.

Perhatikan juga mengenai syarat untuk bisa masuk ke organisasi mahasiswa tersebut. Ada organisasi mahasiswa yang memiliki syarat untuk masuk terlebih dahulu.

Untuk tahu syaratnya teman-teman bisa menghubungi kenalan teman-teman yang sudah tergabung dalam organisasi mahasiswa tersebut atau bisa juga mengunjungi halaman website sekolah teman-teman jika universitas teman-teman adalah universitas yang memiliki sistem informasi yang maju.

  • Masukkan aplikasi rekrutasi

Setiap organisasi mahasiswa pasti memiliki cara sendiri untuk merekrut dan menerima seseorang menjadi anggota.

Jika teman-teman tertarik, maka pastikan teman-teman melakukan pendaftaran dengan prosedur yang sudah dijelaskan dan pastikan sesuai dengan batas waktu yang sudah diberikan.

Organisasi Mahasiswa
Dok. Pixabay


Hal penting yang harus diperhatikan saat mengikuti organisasi mahasiswa

Untuk teman-teman yang akan mengikuti organisasi mahasiswa pastikan teman-teman tidak hanya sekedar bergabung di organisasi mahasiswa tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat bergabung dalam organisasi mahasiswa teman-teman perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Aktif ikut di semua kegiatan

Pertama untuk teman-teman yang ingin mendapatkan manfaat saat mengikuti organisasi mahasiswa adalah dengan selalu aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan organisasi mahasiswa yang akan teman-teman ikuti.

Pastikan teman-teman selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa teman-teman.

Hal ini akan membantu teman-teman untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan juga memperluas jaringan teman-teman. Hal ini disebabkan karena kegiatan baru pasti akan membuat teman-teman mengenal lebih banyak orang baru.

  • Mengambil peran penting dalam kegiatan

Jika teman-teman sudah sering menjadi anggota staf dalam event yang diadakan oleh organisasi mahasiswa teman-teman, maka ajukan diri teman-teman untuk menduduki posisi penting contohnya ketua staf untuk divisi yang teman-teman minati. Atau bahkan menjadi ketua panitia.

Jika teman-teman memiliki keterikatan dengan organisasi mahasiswa yang teman-teman miliki teman-teman juga bisa berpartisipasi sebagai pengurus organisasi mahasiswa.

Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang cukup membantu bagi kamu yang ingin meniti karier di bidang sesuai dengan organisasi mahasiswa teman-teman.

  • Mengeluarkan pendapat dalam diskusi

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah untuk mengeluarkan pendapat pada saat berdiskusi.

Mengeluarkan pendapat merupakan salah satu cara untuk membantu teman-teman berpikir dalam setiap moment. Jika teman-teman ikut organisasi mahasiswa tapi tidak mau mengeluarkan pendapat, maka percuma teman-teman mengikuti organisasi mahasiswa tersebut. Jadi untuk kepentingan dan manfaat teman-teman sendiri selalu ikut aktif dalam mengeluarkan pendapat adalah hal yang sangat penting ya!

  • Bertanggung jawab dengan pekerjaan

Jika teman-teman mengambil bagian dalam sebuah acara atau dalam sebuah kegiatan, jangan lupa untuk selalu bertanggung jawab.

Tujuan mengikuti organisasi mahasiswa bukan hanya untuk bergaya, teman-teman juga harus tahu mengenai bagaimana bertanggung jawab terhadap pekerjaan teman-teman.

Tanggung jawab ini bukan hanya melaksanakan apa yang diperintahkan, tapi juga memastikan bahwa pekerjaan yang teman-teman lakukan diselesaikan dengan baik dan semaksimal mungkin.

Di sini teman-teman akan belajar bertanggung jawab agar teman-teman tidak membuat orang lain merasa kecewa telah mengandalkan teman-teman dalam mengerjakan pekerjaan.

  • Selalu berpikir dengan kepala dingin

Selanjutnya, teman-teman jangan lupa untuk selalu berkepala dingin. Salah satu hal yang akan dilatih di organisasi mahasiswa adalah bagaimana teman-teman menghadapi situasi di bawah tekanan.

Di sini teman-teman akan belajar untuk selalu bersikap tenang dalam setiap kesempatan baik itu kondisi yang santai atau kondisi di bawah tekanan.

Hal ini sangat penting karena kenyamanan teman-teman di lingkungan akan membuat teman-teman lebih betah.

Jika teman-teman betah berada di satu lingkungan, maka lebih banyak hal yang teman-teman bisa pelajari.

  • Tetap utamakan kuliah

Nah yang satu ini juga tidak boleh dilupakan. Tujuan utama dari teman-teman untuk kuliah dan mengikuti organisasi mahasiswa adalah untuk belajar sambil mengasah kemampuan soft skill. Oleh karena itu, jangan terlalu terikat dengan organisasi mahasiswa.

Melakukan hal yang teman-teman sukai memang selalu menyenangkan, akan tetapi jangan sampai teman-teman terlambat lulus karena terlalu sibuk dengan kegiatan organisasi mahasiswa.

Jika teman-teman terlalu banyak mengambil waktu untuk menyelesaikan pendidikan, maka teman-teman juga akan merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan nantinya.

Selain untuk mengembangkan diri, keterlibatan teman-teman dengan organisasi mahasiswa juga akan membuat teman-teman mendapatkan lebih banyak keuntungan dari segi CV seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain membuat CV menarik.

Jika teman-teman terlihat dalam banyak organisasi mahasiswa teman-teman juga akan dinilai lebih tangguh dalam menghadapi situasi genting. Apalagi jika organisasi mahasiswa yang teman-teman ikuti sesuai dengan bidang kerja yang teman-teman inginkan.

Ingat teman-teman harus sigap untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Harus hanya pertimbangan dan tidak boleh lengah, tetap fokus dan tahu tujuan awal dari setiap hal yang dilakukan.

Karena makin modern, makin banyak tantangan yang harus dihadapi. Jadi jangan senang berlama-lama dengan kenyamanan.

Jika teman-teman lebih suka berleha-leha, maka masa depan teman-teman juga makin tidak pasti. Jadi jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan kegiatan organisasi mahasiswa dengan belajar dan kuliah ya!

 

Post a Comment for "Manfaat Organisasi Mahasiswa Terhadap Karir dan Dunia Kerja"