Widget HTML #1

Affiliate Marketing, Cara Kerja dan Tips Suksesnya

 

Tips dan Daftar Affiliate Marketing
Affiliate Marketing (Dok. Pixabay/Kata-Roni)

Apa itu affiliate marketing? Pertanyaan yang banyak diajukan oleh para milenial dan Gen Z yang berkeinginan punya pendapatan dari internet seperti media sosial (medsos) semisal Instagram, blog dan YouTube.

Kasian juga sih, punya smartphone tapi cuma buat ngabisin kuota kan ya. Sesekali ngasilin uang kek, bukan sibuk scroll IG doang, apalagi stalking dia yang sudah pergi saat dikagum-kagumnya. Mana stalking pakai IG anonim lagi, bhuhahaha. Mending bisnis affiliate deh.

Secara sederhana, affiliate marketing adalah aktivitas mempromosikan produk dan jasa berbasis online melalui link atau kode referral tertentu yang dipasang di konten Instagram, blog atau YouTube kita. Penghasilan affiliate didapat dari produk atau jasa yang laku terjual melalui link atau kode referral yang kita promosikan.

Mengutip Kumparan, Muhammad Toyib Daulay dan Annisa Sanny dalam buku Kewirausahaan dari Industry 4.0 Menuju Society 5.0 (2021: 210) menyebutkan, affiliate marketing adalah kegiatan mempromosikan atau memasarkan produk orang lain dimana kita harus mengikuti program afiliasi terlebih dahulu.

Dengan kata lain, program affiliate marketing membantu penjual atau produsen/perusahaan memasarkan serta mempromosikan produk atau jasanya ke konsumen atau calon pembeli.

Penghasilan yang didapat dari affiliate marketing berupa komisi dalam bentuk persen, biasanya paling besar berkisar di antara 20-40 persen dari produk atau jasa yang berhasil kita jual. Besaran komisi bisa lebih kecil, bisa juga lebih besar untuk beberapa kasus.

Misal harga produk berupa serum untuk kosmetik yang kita promosikan sebesar Rp 100 ribu, jika komisi affiliate-nya sebesar 40 persen maka setiap penjualan yang laku Anda mendapatkan komisi sebesar Rp 40 ribu. Laku tiga produk aja per hari, sudah UMR gaji Anda per bulan dari bisnis affiliate marketing ini.

Tanpa perlu stok produk apalagi urus-urus pengiriman, tugas kita cukup bikin konten di Instagram, blog, YouTube atau terserah di mana Anda bisa. Yang penting ngonten, lalu sebar link atau kode referral hingga cuan, hehe. Secara detail, berikut pembahasannya.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Dalam affiliate marketing ada tiga pihak yang bekerja yakni 1) merchant dengan kata lain brand yang menjadi pemilik produk; 2) affiliate atau disebut juga publisher yang biasanya influencer Instagram atau seorang blogger yang mempromosikan produk; 3) konsumen atau pembeli produk yang dipromosikan melalui sistem affiliate.

Kalau Anda ikut program affiliate, kerja Anda cukup melakukan promosi dengan menyebar kode referral/link produk atau jasa dari perusahaan atau pemilik brand. Biar orang banyak yang lihat, kuncinya ya ngonten. Bikin konten yang mengedukasi dan berkualitas, supaya banyak yang klik bahkan beli produk affiliate Anda.

Setiap produk yang laku terjual dari link atau kode referral yang kita promosikan, kita mendapatkan komisi berupa uang dengan jumlah nominal tertentu sesuai kesepakatan kerja sama di awal.

Link affiliate yang dipromosikan berupa link khusus dan sengaja dibuatkan untuk Anda agar pihak perusahaan bisa mendeteksi serta mencatat berapa penjualan produk atau jasa yang laku terjual dari link yang Anda promosikan.

Kode referral sama juga cara kerjanya seperti link, hanya saja kode referral dalam bentuk kode, setiap konsumen atau pembeli yang memasukan kode khusus (seperti password) milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Bang, enak mana kode referral atau link dalam bisnis affiliate? Menurut saya lebih mudah sistem yang menggunakan link, karena pembeli tidak lagi memasukkan kode-kode yang membuat kerja mereka lebih lama dan agak ribet. Dengan link, sekali klik, data Anda sudah terekap dengan baik bila terjadi penjualan. Dapat komisi :)

Secara sederhana, cara kerjanya ada tiga tahap juga yakni 1) cari perusahaan penyedia program affiliate; 2) selesaikan proses pendaftaran dan tunggu sampai diterima; 3) promosikan produk atau jasa melalui link atau kode referral yang telah disediakan ke medsos atau blog untuk mendapatkan komisi setiap terjadi transaksi.

Tips Sukses Affiliate Marketing

1. Pilih Brand Terpercaya

Harus selektif memilih brand (merek) atau perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing. Pilih yang terpercaya dan sudah banyak dipakai oleh orang-orang. Pastikan juga perusahaan penyedia program affiliate tersebut mudah dihubungi saat butuh bantuan melalui layanan support, baik via email maupun chat WhatsApp.

Misalnya saya nih, ikut program affiliate mengajak anak-anak muda terutama milenial dan Gen Z untuk berbisnis sejak dini, yaitu dengan mengikuti program jualan online melalui Dropshipaja. Perusahaan sudah terbukti menghasilkan pebisnis-pebisnis muda dengan penghasilan ratusan juta per tahun sejak didirikan 2017 lalu.

Btw bagi kamu nih yang benar-benar ingin punya pendapatan dengan berjualan online tanpa pusing urus produk, packing dan pengiriman, ingin meringankan beban keluarga dengan punya pendapatan sendiri untuk kuliah dan biaya hidup lainnya, bisa banget dengan daftar di Dropshipaja.

Selain itu, aku bakal berbagi beberapa perusahaan penyedia program bisnis affiliate marketing di Indonesia/luar negeri dan Anda bisa pilih mana cocok dan terbaik menurut versi Anda sendiri. Let's gooooooo!

Daftar Bisnis Affiliate Marketing

- Dropshipaja

Di atas, aku sudah sempat cerita tentang Dropshipaja. Ini bisa banget kamu coba dan aku sangat merekomendasikan karena supplier dan sistem di Dropshipaja sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga memudahkan kita sebagai dropshipper melakukan orderan, membuat custom untuk produk tertentu seperti menuliskan nama dan mencetak foto di baju dll.

Punya pendapatan dengan berjualan online sangatlah menyenangkan, karena bisa meringankan biaya sehari-hari, terlebih yang masih kuliah bisa meringankan beban tanggungan orang tua.

Beberapa orang (mungkin puluhan bahkan ratusan orang) sudah sukses dari bisnis di Dropshopship aja, selain ikut jualan kita juga secara otomatis bisa ikut program affiliate marketing Dropshipaja selama sudah terdaftar sebagai member.

- Amazon Associates

Jujur aku sendiri belum pernah coba program affiliate di Amazon. Terus kenapa kasih rekomendasi? Ya karena kita semua tahu kan Amazon, hehe. Marketplace terbesar di dunia. Jadi sudah sangat jelas perusahaannya, siapa pemiliknya (Jeff Bezos, selalu masuk 5 besar orang terkaya di dunia) dan semua sudah membicarakan affiliate ini.

Hanya saja Anda perlu selektif saat memilih produk apa yang ingin di-affiliate nantinya. Karena banyak banget produk di Amazon, tinggal dicek aja mana yang terbaik dan mendapat banyak ulasan positif, baru copy salinan affiliate-nya.

- Shopee

Mirip-mirip dengan Amazon, marketplace oranye satu ini cukup terkenal di Indonesia. Termasuk program affiliate-nya, Shopee sudah banyak melahirkan anak-anak muda yang bisa menghasilkan pendapatan jutaan rupiah per tahunnya hanya dari program affiliate Shopee.

Tugas kita cuma satu, promosiin produk dari Shopee ke Instagram atau blog milik kita melalui link affiliate yang diberikan setelah daftar sebagai member program tersebut.

- Projects

Program affiliate satu ini bertujuan untuk mempromosikan situs marketplace jasa, yang katanya sih hehe salah satu yang terbaik dan terpercaya di Indonesia. Jadi, kalau Amazon dan Shopee jual produk, maka Projects ini tempat mempertemukan penjual dan pembeli jasa seperti, jasa desain grafis, jasa menulis profil, jasa membuat website dll.

Buat kamu yang punya keterampilan di bidang tersebut (desain grafis, menulis atau membuat website dll), bisa banget daftar sebagai member Projects. Selain bisa menghasilkan pendapatan dengan menjual jasa, Anda juga berkesempatan mendapatkan penghasilan dari program affiliate-nya.

- Template Blogger

Mas Sugeng ini dikenal sebagai salah satu suhu di bidang dunia blogging khususnya di Indonesia. Ia sendiri memiliki program affiliate marketing untuk produk digitalnya berupa template premium untuk para blogger yang berasal dari blogspot.

Tampilan template-nya emang nggak mengecewakan sih, keren banget. Kamu bisa ikut jualan dengan mendaftar program affiliate-nya. Setiap template yang terjual kamu bakal dapat komisi sekian persen.

- IDwebhost

Khusus kamu yang sering bikin konten tentang blogger dan website, bisa banget ikut program affiliate marketing IDwebhost. Tempat penjualan domain dan hosting ini keren banget, aku sendiri bahkan pakai sudah sejak dua tahun lalu dan terbukti emang terbaik. Nggak ada salahnya kamu juga ikut affiliate-nya.

Demikian beberapa pilihan program affiliate marketing yang aku tawarkan dan insya Allah paling terbaik dah. Kamu tinggal pilih saja mana yang paling buat kamu dan sesuai dengan konten-konten yang kamu produksi, baik itu di medsos seperti Instagram, maupun blog atau YouTube. Ok, lanjut ya.

2. Pastikan Produk Berkualitas

Sebelum mempromosikan produk dari bisnis affiliate marketing, sebaiknya coba dulu dengan membeli dan memakai langsung produk tersebut. Begitu pun dengan jualan jasa, Anda harus gunakan dulu jasa tersebut apakah betul-betul seperti yang dipromosikan pihak perusahaannya atau malah jasanya nggak jelas, pelayanannya amburadul dll.

Jangan sampai Anda mempromosikan produk atau jasa yang tidak berkualitas atau bahkan berkedok penipuan, bahaya cuy. Pembeli akan terzalimi dan kita ikut nanggung dosanya kalau bergabung dengan program affiliate abal-abal seperti yang saya sebutkan barusan.

Pastikan juga legalitas produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia program affiliate tersebut. Apakah sudah terdaftar BPOM atau bersertifikasi halal. Kemudian pastikan juga apakah sudah berbadan hukum dan tercatat oleh pemerintah di Kemenkumham atau kalau di luar negeri, tercatat legal oleh pemerintah setempat.

Hal-hal seperti ini perlu menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk ikut program affiliate marketing. Jangan sampai bisnis kita dalam menghasilkan pendapatan justru menjadi bencana dan malapetaka bagi orang lain (pembeli) ya. Apalagi kalau berurusan dengan produk kosmetik, harus hati-hati banget. Jangan sampai merusak muka orang :)

3. Buat Konten Berkualitas

Entah Anda aktif di media sosial seperti Instagram, TikTok, penulis blog (blogger), konten kreator video (youtuber) dll. Kalau sudah terjun ke bisnis affiliate, upayakan buat konten yang berkualitas, menarik dan mengandung nilai-nilai edukasi bagi pengikut Anda.

Konten berkualitas akan meningkat jumlah pengunjung dan pengikut yang nantinya berdampak pada bisnis affiliate marketing Anda. Semakin banyak orang yang mengunjungi sebut saja Instagram Anda, maka semakin banyak peluang orang-orang menge-klik link affiliate Anda.

Bila terjadi penjualan atau mereka berhasil melakukan pembelian, maka Anda mendapatkan komisi dari sana. Begitu terus, cuan mengalir sampai jauh, hehe.

Konten berkualitas pada umumnya mengandung unsur edukasi, walau sewaktu-waktu dibarengi dengan lelucon untuk mencairkan suasana. Beberapa akun Instagram yang keren banget menurut aku seperti @Landx.id yang mengedukasi terkait literasi keuangan dan properti.

Padahal pada dasarnya mereka jualan, LandX ini merupakan perusahaan urun dana atau patungan bisnis (crowdfunding) untuk pembangunan properti dengan nilai projek total miliaran rupiah.

Hanya saja konten-konten di Instagramnya mereka hampir semuanya edukasi dan jarang banget promosi jualan ngumpulin dana. Begitulah yang dimaksud hypnoselling, jualan seperti tak jualan.

Cara-cara seperti ini bisa Anda terapkan di Instagram, blog atau YouTube Anda untuk bisnis affiliate marketing. Kemudian tak ada salahnya juga melirik lagi pasar di Twitter. Terlebih saat sekarang sedang hangat-hangatnya pembahasan NFT, kebanyakan mereka entah itu komunitas dll, kebanyakan ngobrol bahas NFT di Twitter. Coba aja!

4. Paham Digital Marketing (SEO & Algoritma)

Influencer yang bermain di Instagram atau YouTuber tahu betul pentingnya pemahaman terhadap algoritma ini. Tujuannya supaya meningkatkan jumlah followers atau subscribers secara stabil dan terus bertumbuh sepanjang waktu.

Algoritma Instagram misalnya, interaksi Anda dengan followers sangat berpengaruh. Semakin banyak komentar di postingan Anda, dan semakin cepat Anda membalasnya satu per satu, maka Instagram akan meningkatkan jangkauan postingan Anda untuk muncul di berandanya followers Anda atau bahkan terlihat oleh orang lain melalui explore.

Begitu juga dengan algoritma Google bagi Anda penulis di blog. Seorang blogger harus paham betul terkait algoritma Google supaya ketika orang mencari sesuatu di Google, maka blog kitalah yang muncul dan ditayangkan di halaman pertama Google.

Ilmu ini dinamakan search engine optimization (SEO). Bisa dipelajari, baik secara gratis di internet, Youtube bahkan di kelas berbayar seperti Udemy dan Skill Academy punyanya Ruangguru. 

YouTube juga demikian, harus belajar algoritma dan SEO supaya video kita ditampilkan di halaman nomor satu saat orang mencari sesuatu di YouTube. Semuanya bisa dipelajari, mumpung masih muda. Ayo gassss, genjot investasi leher ke atasnya. Isi kepala dengan segala hal positif dan pengetahuan yang membuat kita semakin bertumbuh.

5. Fokus dan Konsisten

Ini sebenarnya tahap yang paling berat dalam bisnis apapun. Termasuk affiliate marketing, Anda perlu fokus dan tak mudah tergiur dengan program affiliate lain ketika baru memulai suatu produk affiliate.

Misal, Anda baru saja mendaftar affiliate produk masker wajah (kosmetik) dari sebuah perusahaan. Karena Anda tergiur ada teman di sebelah yang terlihat lebih sukses dan pendapatannya lebih besar karena affiliate parfum, Anda juga ikut-ikutan. Padahal promosi affiliate untuk produk masker Anda saja belum beres, hadeuh.

Selain fokus, perlu juga konsisten. Ada banyak di antara kita yang semangatnya di awal saja, setelah itu redup dan berhenti. Konsisten ini biasanya tersendat di proses bikin konten, entah itu bikin konten di Instagram, blog maupun Youtube.

Apapun profesi yang Anda tekuni, kuncinya memang satu, yaitu konsisten. Dengan konsisten, ada hasil yang luar biasa yang akan didapat di ujung perjalanan. Contohnya, sewaktu artikel ini ditulis sedang booming-boomingnya fenomena Ghozali everyday. Berawal dari menjual NFT foto selfie mukanya yang lucu, malah menghasilkan miliaran rupiah.

Satu hal yang kita pelajari dari Ghozali yakni konsisten. Dia foto selfie setiap hari sejak 2017 hingga 2022 dan laku terjual di Opensea, lalu viral di medsos dan televisi selama berminggu-minggu. Itulah buah dari konsisten.

6. Investasi Leher ke Atas

Masih melanjutkan fenomena Ghozali everyday, selain konsisten juga terus belajar. Kalau tidak belajar, bagaimana mungkin Ghozali bisa tahu ada yang namanya Opensea sebagai tempat jual beli atau marketplace NFT.

Belajar dan terus belajar, itulah yang disebut investasi leher ke atas. Isi kepala dengan pengetahun dengan belajar entah itu dari internet, YouTube, bahkan kelas berbayar seperti di Udemy, Skill Academy punya Ruangguru dan masih banyak lagi.

Apalagi untuk kita yang masih muda, khususnya milenial dan Gen Z. Harus digenjot terus investasi leher ke atasnya. Supaya saat usia 30 ke atas, kita dihargai mahal dengan value, skill dan pengetahuan yang kita miliki nantinya.

Termasuk halnya dalam affiliate marketing, harus belajar riset produk atau jasa mana yang sedang populer dan banyak dicari orang, kemudian belajar cara buat konten entah buat konten di Instagram, blog atau YouTube. Semuanya dipelajari, bahkan ada kelas-kelas berbayar hingga ratusan ribu cuma untuk mempelajari cara buat konten.

Mencari uang di internet sudah sangat mudah sekarang, kesempatan terbuka luas asal mau belajar dan konsisten untuk terus berjuang hingga mencapai hasil terbaik nantinya. Harus sabar dalam proses bertumbuh guys :)

7. Cerdas Kelola Keuangan

Bila sudah mampu menghasilkan pendapatan dari affiliate marketing, saatnya pintar-pintar mengatur keuangan. Tahu mana yang harus ditanam kembali ke modal, misal untuk belajar kelas berbayar supaya bisa upgrade skill, apalagi bila Anda sudah bisa mempekerjakan 1-2 orang untuk membantu meringankan Anda membuat konten.

Kemudian tahu juga mana yang harus dialokasikan untuk beriklan, supaya Instagram atau blog Anda semakin banyak yang mengunjungi. Selanjutnya, masukan juga pos anggaran untuk investasi dan ibadah (sedekah).

Emangnya Anda mau kerja terus sampai tua? Harus mulai dipikirkan bagaimana cara uang bekerja untuk Anda, salah satu jalannya yakni dengan berinvestasi. Sedangkan sedekah mempercepat itu, rezeki Anda ngalir terus.

Baca juga: Cara Investasi dan Jenisnya Lengkap, Punya Passive Income Jutaan Tiap Bulan

Baru kemudian sisanya bisa Anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk foya-foya. Inilah yang disebut dengan cerdas mengelola keuangan. Buat buku arus kas, berapa pemasukan dan berapa pengeluaran. Supaya semua alur keuangan Anda jelas dan Anda tahu cari strategi membangun dan membesarkan bisnis affiliate marketing Anda.

Menutup tulisan ini, apapun yang Anda dan kita semua pelajari, bila tidak bergerak memulainya niscaya bakal jadi sia-sia semata. Dengan mengetahui affiliate marketing, cara kerja dan tips suksesnya, artinya satu langkah lagi jalan Anda menuju keberhasilan, yakni dengan segera memulai. Hal yang sederhana bisa dilakukan dengan mendaftar, sekarang juga!

Post a Comment for "Affiliate Marketing, Cara Kerja dan Tips Suksesnya"